Protokol, TCP/IP

·         Protokol
Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras.

Secara umum fungsi protokol adalah menghubungkan pengirim dan penerima dalam berkomunikasi serta dalam bertukar informasi agar dapat berjalan dengan baik dan akurat. Tidak semua protokol memiliki fungsi atau fitur yang sama, tetapi ada juga beberapa protokol yang memiliki fungsi sama meski berada pada tingkat berbeda. Beberapa protokol bergabung dengan protokol lainnya untuk membangun sistem komunikasi yang utuh.

Fungsi protokol secara garis besar adalah sebagai berikut :
• Encapsulation
• Pemisahan dan perakitan kembali
• Connection control (Kontrol koneksi)
• Pengiriman tersusun
• Pengiriman perintah
• Flow Control (alur kontrol)
• Error correction (Kontrol Kesalahan)
• Addressing (Pengalamatan)
• Multiplexing
• Layanan transmisi

·         TCP/IP
Pengertian TCP/IP
Pengertian TCP/IP adalah sebuah perangkat lunak jaringan komputer yang terdapat dalam satu sistem dan memungkinkan komputer satu dengan komputer lain dapat mentransfer data dalam satu grup network/jaringan. TCP singkatan dari Transmission Control Protocol dan IP singkatan dari Internet Protocol. TCP/IP menjadi satu nama karena fungsinya selalu bergandengan satu sama lain dalam komunikasi data.
Fungsi TCP/IP
     Umumnya TCP / IP digunakan untuk pengiriman file dalam satu jaringan
    TCP / IP juga sering dimanfaatkan untuk keperluan “Remote login”
     Computer mail.
    Telnet, dll.
1. Ketentuan Kelas Alamat IP
Sebuah alamat IP berisi satu bagian network dan satu bagian host, tetapi formatnya tidak sama pada setiap alamat IP. Sejumlah bit alamat dipakai disini untuk mengidentifikasi network, dan angka dipakai untuk mengidentifikasi host, dan beragam kelas alamat IP. Alamat IP memiliki tiga kelas utama yaitu kelas A, kelas B, dan kelas C. Ketentuan kelas alamat IP itu berupa :
    Jika bit pertama dari sebuah alamat IP adalah angka 0, ini menunjukan network kelas A. Tujuh bit berikutnya menunjukan identitas network, dan 24 bit terakhir menunjukan identitas host. Ada 128 buah network kelas , tetapi didalam setiap kelas A bisa terdapat jutaan host.
      Jika bit pertama dari dua angka alamat IP adalah 10, ini menunjukan alamat IP network kelas B. Angka Bit pertama kelas, kemudian 24 bit berikutnya menunjukan identitas alamat network, dan 10 bit berikutnya untuk host. Ada ribuan angka network kelas B dan setiap kelas B dapat berisi ribuan host.
    Jika bit pertama dari tiga bit alamat IP adalah 110, ini merupakan alamat IP kelas C. Tiga bit pertama berupa alamat kelas. 21 bit berikutnya sebagai alamat network, dan 8 bit selanjutnya merupakan identitas host. Ada jutaan network kelas C, dan didalam tiap kelas C ada 254 host.
Mungkin memang sedikit rumit ya kalau tidak ada contohnya, ini contohnya saya berikan sebagai berikut:
1.     Sebuah network memiliki alamat IP 026.104.0.19. Ini bisa ditulis juga dengan 26.104.0.19. menjelaskan adanya host dengan alamat IP nomor 104.0.19 dalam network 26 yang termasuk kelas A.
2.     Alamat IP 128.66.12.1. menunjukan alamat IP host 12.1 didalam network nomor 128.66 yang termasuk kelas B.

·         Gateway

GATEWAY adalah sebuah perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan protokol komunikasi yang berbeda.Salah satu contoh penggunaan gateway adalah pada email, sehingga pertukaran email dapat dilakukan pada sistem yang berbeda.Fungsi GATEWAY di gunakan untuk menghubungkan dua jenis jaringan komputer yang arsitekturnya sama sekali berbeda. Jadi gateway lebih kompleks daripada bridge. Gateway dapat diaplikasikan antara lain untuk menghubungkan IBM SNA dengan digital DNA, LAN (Local Area Network) dengan WAN (Wide AreaNetwork).Salah satu fungsi pokok gateway adalah melakukan protocol converting, agar dua arsitektur jaringan komputer yang berbeda dapat berkomunikasi.

·         Router
ROUTER adalah perangkat jaringan yang bekerja pada OSI Layer 3, Network Layer. Pada layer ini sudah dikenal pengalamatan jaringan menggunakan IP Address, dan router ini berperan penting sebagai penghubung/penerus paket data antara dua segmen jaringan atau lebih. Semisal, di suatu warnet ada 10 client yang menggunakan IP Address 192.168.1.xx kita anggap sebagai network A, sedangkan koneksi dari ISP dialokasikan IP Address 202.123.321.xxx kita anggap sebagai jaringan B, maka agar client warnet bisa terhubung ke ISP dan juga ke internet, diperlukan satu router di warnet tersebut yang memiliki setidaknya 2 port. Satu port menjadi bagian dari network A, dan satunya lagi menjadi bagian dari network B.

·         Domain
Domain merupakan suatu nama berformat huruf abjad (a,b,c,d,e,dan seterusnya) dan angka (1,2,3,dan seterusnya) serta simbol (-) untuk menamai alamat URL website untuk mengidenfitikasi sebagai pengganti format deretan angka alamat IP client server hosting tempat file website diletakkan.
Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. 
Jadi secara umum Domain atau Domain Name dalam dunia Web berarti nama yang mengidentifikasi sebuah situs Web. Domain name dipakai untuk menuju pada sebuah alamat IP. Misalnya, "microsoft.com" adalah nama domain dari situs Web Microsoft.
FUNGSI DOMAIN adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL(Uniform Resource Locator), atau alamat website.
Namun sebenarnya berbeda antara URL dan Domain. Nama domain adalah bagian dari URL. Sedangkan URL masuk ke detail lebih dari nama domain, menyediakan lebih banyak informasi, termasuk alamat halaman tertentu, nama folder, nama mesin, dan protokol bahasa.

JENIS-JENIS DOMAIN :
Secara umum, domain name terdiri atas dua jenis, yaitu:

Generic Domains (gTLDs) : Merupakan domain name yang berakhiran dengan .Com
.Net  .Org .Edu .Mil atau .Gov . Jenis domain ini sering juga disebut Top Level Domain,
yaitu domain itu langsung dibawah root (titik dibelakang nama domain). Dan tidak
menunjukkan domain berdasarkan negara, sehingga siapapun dapat mendaftar seperti:
com : Digunakan untuk keperluan komensial.
biz : Digunakan untuk keperluan bisnis.
edu : Digunakan untuk keperluan pendidikan.
info : Digunakan untuk keperluan informasi.
name : Digunakan untuk keperluan web pribadi.
net : Digunakan untuk keperluan internet.
org : Digunakan untuk keperluan organisasi.
pro : Digunakan untuk keperluan profesional.
tv : Digunakan Untuk Pertelevisan.

Country-Specific Domains (ccTLDs) : yaitu domain yang berakhiran dengan dua huruf ektensi. Domain ini dioperasikan dan didaftarkan dimasing negara. Dan sering juga disebut Second Level Domain yaitu domain yang berada dibawah Top Level Domain.  Contoh :  Jika contoh Top Level Domain adalah .com maka contoh Secondary Level Domain adalah .co.uk .com.gr  dan lain sebagainya.

Domain Indonesia:
.ac.id : bagi lingkungan akademik/perguruan tinggi
.co.id : bagi organisasi komersial
.or.id : bagi organisasi selain organisasi
.net.id : bagi organisasi pemegang Izin Penyelenggara jasa telekomunikasi
.web.id : bagi badan usaha, organisasi ataupun perseorangan yang melakukan kegiatannya di World Wide Web.
.sch.id : bagi sekolah dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.
.go.id : digunakan khusus bagi instansi pemerintah
.mil.id : digunakan bagi kalangan militer dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.

.war.net.id : digunakan bagi warung internet dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daily Activity (On Weekend)

Komunikasi Bisnis (Week 2)