Budaya Barat VS Budaya Timur

Sebelum saya membahas "Budaya Barat VS Budaya Timur", pasti banyak yang belum tau apasih budaya barat itu? Apasih budaya timur itu. Budaya barat adalah budaya yang berkembang di daerah Eropa dan Amerika seperti negara Amerika Serikat dan Inggris.Sedangkan budaya timur adalah budaya yang berkembang di Asia pada khususnya seperti Indonesia. Saya akan membahas budaya barat VS budaya timur mengenai habit atau biasa yang disebut kebiasaan. Sebagai contohnya saya mengambil negara Indonesia (Timur) dan UK (Barat). Here we go.



  • Menyebrang jalan  



  • Most of all Indonesian
     Barat
    Seperti yang kita lihat kebanyakan orang di Indonesia mempunyai kebiasaan yang saya bilang "sesukanya" nyebrang dimana saja kapan saja. Ya, saya orang Indonesia juga tetapi saya lebih suka menaiki jembatan penyebrangan. Dan kebiasaan orang Barat lebih tertib. Apa karna kurangnya fasilitas yang ada disini/tersedia di Indonesia sehingga kita kurang menaati peraturan?

    • Waktu
    Percaya apa engga kebanyakan orang Indonesia mempunyai "Jam Karet" ya saya juga seperti itu kadang-kadang hehe. Bagaimana orang Barat beranggapan tentang waktu? Bagi mereka waktu adalah penting, karna mereka selalu menganut Time is Money maka telat semenit atau bahkan beberapa detik maka kerugiannya pun banyak.


    • Basa-basi


    Kebanyakan budaya timur suka basa-basi baru menyampaikan tujuannya, sisi positifnya itu bagus untuk memperakrab kedua belah pihak, sisi negatifnya mereka terlalu menyulur waktu. Kebanyakan budaya barat langsung ke intinya, sudah mempersingkat dan mempercepat urusan.


    • Marah


    Kebanyakan orang timur kalo sedang marah tetap menunjukkan tata krama seperti tersenyum, masih bersikap baik. Namun orang barat sebaliknya, mereka langsung menunjukkan dengan sikap mereka.





    Mungkin masih banyak lagi perbedaan budaya timur dan barat. Namun, saya hanya mengambil beberapa contoh saja dari beberapa referensi yang saya baca. Mungkin apabila sarana dan prasarana dapat diperbaiki lagi mungkin kita (Indonesia) akan tertib juga seperti negara-negara yang sudah lebih baik dari kita. banyak juga bangsa timur yang sudah bisa tertib kita ambil contohnya; Jepang dan Korea Selatan. Alangkah baiknya agar pemerintah memperbaiki prasarana yang ada.
    Disegala aspek yang ada seperti masalah waktu, semoga kita lebih baik lagi, dan memliki kesadaran agar tertib dan tepat waktu, karna tepat waktu itu sangat penting. Mungkin segini saja yang dapat saya share kepada kalian (pembaca).

    Tx a lot<3



    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Daily Activity (On Weekend)

    Komunikasi Bisnis (Week 2)